Deprecated: __autoload() is deprecated, use spl_autoload_register() instead in /home/k2056985/public_html/po-includes/core/vendor/phpmailer/PHPMailerAutoload.php on line 45

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/k2056985/public_html/po-includes/core/vendor/fluentpdo/BaseQuery.php on line 226

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/k2056985/public_html/po-includes/core/vendor/fluentpdo/BaseQuery.php on line 226
KARAKTER PENSIL
Logo
images

Karakter Pensil

KARAKTER PENSIL

"Karakter Pensil"

 

Kegemaran menulis membuat saya menulis apa saja dan di mana saja. Alat tulis pun apa saja yang saya jumpai. Menulis buat saya sekedar mengeliminasi waktu menunggu yang bisa membosankan, atau untuk menghindarkan pikiran dari kontaminasi dunia yang semakin tercemar ini.

Saat ini perhatian saya sedang tertuju kepada alat tulis 'pensil'. Adakah 'karakter pensil' yang dapat kita pelajari?

Terlepas dari baik atau buruknya pensil, bagi yang suka menghakimi orang hanya melihat sisi buruknya saja. Tulisan ini tentu saja bukan untuk orang yang gemar menghakimi. Baik buruknya pensil sebenarnya dari sisi mana kita melihat pensil ini.

Paling sedikit ada 5 (lima) karakter pensil yang bisa membuat kita tenang dalam menjalani hidup ini, bila kita mengamalkan karakter-karakter itu dalam hidup ini.

'Karakter pertama', pensil bisa berbuat hal yang hebat, luar biasa dalam hidup ini, ketika dipakai untuk menulis. Yang harus kita ingat bahwa ada tangan yang selalu membimbing langkah kita dalam hidup ini. Inilah tangan Tuhan. Kalau kita mau, DIA akan selalu membimbing kita menurut kehendakNYA.

'Karakter ke dua', saat menulis, kadang-kadang beberapa kali harus berhenti dan menggunakan rautan atau silet atau cutter atau pisau untuk menajamkan kembali pensil tsb. Rautan itu pasti akan membuat si pensil menderita. Tapi setelah proses penajaman selesai, si pensil akan mendapatkan ketajamannya kembali. Begitu juga kita, dalam hidup ini kita harus berani menerima penderitaan dan kesusahan, karena dengan begitu akan membuat kita menjadi orang yang lebih baik. Rayakanlah penderitaan yang kita terima.

'Karakter ke tiga', pensil selalu memberikan kita kesempatan untuk mempergunakan penghapus, untuk memperbaiki kata-kata yang salah. Oleh karena itu memperbaiki kesalahan kita dalam hidup ini, bukanlah hal yang buruk. Itu bisa membantu kita untuk tetap berada pada jalur yang benar.

'Karakter ke empat', bagian yang paling penting dari sebuah pensil bukanlah bagian luarnya, melainkan arang yang ada di dalamnya. Karena itu, hati-hati, waspadai hal-hal di hati dan pikiran kita, berisi madu atau racun.

'Karakter ke lima', sebuah pensil selalu meninggalkan goresan. Seperti halnya kita, harus selalu sadar apa pun yang kita perbuat dalam hidup ini akan meninggalkan kesan bagi lingkungan kita, baik atau buruk. Oleh karena itu selalulah hati-hati serta sadar terhadap semua yang kita pikirkan dan lakukan. Lebih baik pikirkan apa-apa yang akan kita katakan, bukan katakan apa-apa yang kita pikirkan.

Firman Tuhan Yesus Kristus di kitab Roma 8:18 (TB): "Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita". (JAWA94): "Sakèhing kasangsaran sing kita alami saiki, kuwi manut panemuku, ora tandhing babar-pisan karo kamulyan sing bakal kawedharaké marang kita".


TAG

Tinggalkan Komentar