Deprecated: __autoload() is deprecated, use spl_autoload_register() instead in /home/k2056985/public_html/po-includes/core/vendor/phpmailer/PHPMailerAutoload.php on line 45

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/k2056985/public_html/po-includes/core/vendor/fluentpdo/BaseQuery.php on line 226

Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/k2056985/public_html/po-includes/core/vendor/fluentpdo/BaseQuery.php on line 226
AWAS MATADOR
Logo
images

AWAS MATADOR

"Awas Matador"


      Kita tak tahu jelas mengapa banteng akan bangkit amarahnya bila melihat warna merah dikibas-kibaskan di depannya. Kelemahan banteng ini kemudian dijadikan suatu hiburan bagi bangsa Spanyol.

     Atraksi tersebut sangat terkenal dan disukai seluruh warganya dinamakan 'matador'.

     Atraksi 'matador' mempertunjukkan seorang "torero" sebutan bagi pria yang ahli dalam bertarung dengan banteng, mengambil sehelai kain warna merah yang sengaja dikibas-kibaskan ke hadapan banteng liar, kain itu sengaja pula diletakan persis di depan banteng.

     Banteng yang terpancing amarahnya akan mengejar dan menyeruduk kepada torero itu. Kegesitan dan keahliannya mengelak sekaligus menancapkan tombak ke tubuh banteng itu.

     Atraksi itu akan semakin seru, ketika banteng yang luka itu menjadi semakin ganas, sehingga ia berusaha keras untuk menghabisi si torero.

     Atraksi baru berakhir setelah ada jatuh korban, baik banteng itu luka parah atau mati, yang telah tertancap tombak berkali-kali atau terkadang torero akan luka parah atau mati diseruduk banteng.

     Yang lebih gila lagi, kini atraksi matador ini, bukan hanya pertarungan banteng dengan torero, yang dilakukan di arena yang aman dan terlindungi tembok, tetapi puluhan banteng liar yang sengaja dilepaskan di jalan-jalan yang memang sudah
dipenuhi oleh orang yang menunggu.

     Banteng banteng yang berlari cepat akan menanduk atau menginjak siapa saja yang tidak sempat mengelak.

     Dalam atraksi jalanan ini, selalu saja pasti akan ada orang yang luka parah, namun rakyat Spanyol menyukainya.

     'Matador' juga berarti 'pembunuh', karena atraksi itu penuh dengan darah.

     Apakah kita tahu ada sejenis tanaman rambat yang disebut 'matador'?

     Hal ini tentu bukan karena warna bunga yang kecil-kecil berwarna merah darah, tetapi karena tanaman ini mempunyai sifat membunuh. Berikut kisahnya:

     Tanaman matador pada awalnya tumbuh kecil di kaki pohon. Ketika ukurannya masih kecil dianggap remeh dan lemah, lalu banyak yang mengabaikannya.

     Matador bukan seperti tanaman parasit lainnya, yang hanya numpang hidup, dan tidak mematikan, tetapi ketika matador ini  bertumbuh besar, ia akan menghisap dan menghancurkan pohon besar dimana ia numpang hidup, hingga akhirnya pohon itu mati.

     Matador yang tidak tahu diri ini sering juga disebut sebagai 'tanaman serakah'.

     Apa makna 'matador' tsb dalam hidup ini? Di dalam diri manusia terkadang tumbuh karakter seperti tanaman matador itu yaitu serakah. Ketika masih kecil, serakah itu tidak berbahaya. Namun bila secara pelan tapi pasti serakah itu bertambah besar, pasti akan menghancurkan diri kita, kemudian membinasakan kita.

     Keserakahan selalu diartikan sebagai salah satu racun dalam tubuh. Setakah yaitu: keinginan yang berlebihan untuk memiliki sesuatu yang bukan milik kita, seperti serakah akan uang, bisnis, karier, wanita, dsb.

     Kita harus waspada bila ada sifat 'tanaman matador' yakni serakah mulai tumbuh di dalam diri kita.

     Enyahkanlah racun ini sebelum ia mengenyahkan kita.

     Nasihat Tuhan Yesus Kristus melalui Paulus di kitab Efesus 5:3 (TB): "Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut saja pun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus" (JAWA94): "Sarèhné kowé wis padha dadi umaté Gusti, mulané nyingkirana laku jina, pamblunthah lan karem bandha, malah kokgunem waé aja".

     Selamat memasuki hari baru hari ini, 'serakah adalah awal kehancuran', Jesus Christ bless you (sp).


TAG

Tinggalkan Komentar